Kurang Tidur Membuat Remaja Mudah Terkena Obesitas

By | October 14, 2015

Masa remaja memang menjadi masanya memperhatikan penampilan terlebih lagi dalam hal bentuk tubuh dan berat badan. Namun seiring dengan perkembangan waktu apalagi dengan semakin maraknya kemunculan gadget membuat para remaja lebih asik dengan gadget dan akun sosial medianya bahkan hingga larut malam.Bahkan ini telah menjadi kebiasaan para remaja Indonesia, jangankan untuk tidur dengan cukup malah ada yang sampai begadang karena terlalu asik dengan gadget atau bahkan tidur disertai dengan gadget di tangan. Nah, apakah kalian tahu kalau kurang tidur membuat lebih mudah untuk terkena obesitas? Jika belum tahu, yuk kita bahas sama-sama dibawah ini.

Kurang Tidur Membuat Remaja Mudah Terkena Obesitas

Kurang Tidur Membuat Remaja Mudah Terkena Obesitas

Dari sebuah hasil penelitian di Universitas Columbia serta Universitas North Carolina menemukan bahwa remaja yang berusia 16 tahun yang waktu tidurnya kurang dari 6 jam dapat beresiko 20% lebih tinggi untuk terkena obesitas di usia 21 tahun. Penelitian yang dipublikasikan juga dalam konferensi SLEEP 2013 menyatakan bahwa remaja yang kecenderungan kurang tidur lebih tertarik untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat dibandingkan dengan mereka yang tidur dengan cukup.

Pada saat kurang tidur akan memberikan perubahan kronis pada cara berdiet. Imbasnya adalah tingginya akan resiko untuk terkena obesitas apalagi pada para gadis remaja. Kurang tidur dapat memberikan kecenderungan untuk memperbesar bentuk badan. Meningkatnya kebutuhan makanan berlemak dapat memicu untuk terjadinya kalori harian yang dibutuhkan. Karena makanan berlemak identim dengan tingkat kalori yang tinggi sehingga hal tersebut terjadi cukup rutin dan menimbulkan obesitas.

Cara Melangsingkan Pinggul – Dalam Journal of Pediatrics menunjukan bahwa remaja yang menderita obesitas karena kurang tidur dapat berhubungan dengan resiko kardiometabolik, meliputi hal-hal seperti tekanan darah  tinggi, gula darah dan indeks masa tubuh. Untuk itu sebaiknya hindari begadang dan tidur untuk beristirahat dengan cukup agar sistem metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik dan anda para remaja khususnya dapat terhindar dari kondisi obesitas.

Kondisi obesitas bukan hanya dapat merusak penampilan saja, tetapi obesitas juga dapat membuat tubuh untuk lebih terkena resiko penyakit dengan mudah seperti diabetes, penyakit jantung, hipertensi dan masih banyak lagi penyakit lainnya. Agar menghindari hal tersebut, sebaiknya anda harus melakukan pola hidup yang sehat dengan cara makan teratur serta memberikan waktu yang cukup untuk beistirahat dengan tidur di malam hari dan hindari begadang. Semoga bermanfaat 😉 Baca juga : cara cepat turunkan berat badan tanpa olahraga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *