Penyebab Tubuh Mudah untuk Gemuk

By | June 22, 2015

Obat Pelangsing Pinggul – Obesitas atau kelebihan berat badan dapat menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit di dalam tubuh. Selain itu, tubuh yang gemuk sering membuat orang menjadi tidak percaya diri karena dijadikan bahan untuk lelucon di lingkungannya. Penyebab kegemukan yang utama adalah adanya penumpukan lemak dan kalori di dalam tubuh. Tetapi, penumpukan lemak dan kalori itu dapat terjadi karena pola hidup yang tidak sehat.

Penyebab Tubuh Mudah untuk Gemuk

Penyebab Tubuh Mudah untuk Gemuk

Penyebab tubuh mudah gemuk dikarenakan adanya beberapa faktor yang menjadi pemicu berat badan semakin meningkat dan membuat tubuh anda cepat gemuk, diantaranya :

1. Pola Makan Tidak Sehat

Asupan makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh akan menyebabkan tubuh menjadi mudah untuk gemuk. Mengonsumsi makanan secara berlebihan terutama yang mengandung karbohidrat dan lemak tanpa disertai dengan sayuran dan buah akan dapat mengakibatkan penimbunan kalori yang terlalu banyak di tubuh yang tidak berubah menjadi energi. Hal ini akan membuat tubuh menjadi gemuk.

2. Waktu Tidur yang Kurang

Masalah kegemukan memang berkaitan erat dengan tidak teraturnya waktu tidur atau kurang tidur. Kurang tidaur harus anda waspadai karena dapat menjad faktor penyebab terjadinya kegemukan. Ini disebabkan karena pada saat kita kurang tidur atau begadang maka tubuh akan mengeluarkan hormon yang merangsang rasa lapar, sehingga kita akan mencari makanan untuk camilan. Ngemil pada malam hari akan membuat asupan kalori atau lemak menjadi tidak menentu yang tak memberi rasa kenyang namun menimbun lemak yang tidak diperlukan oleh tubuh.

3. Stress

Stress sudah tidak asing lagi untuk menjadi penyebab terjadinya kegemukan. Stress dapat terjadi karena aktivitas kerja yang terlalu berat atau karena masalah yang sedang dihadapi. Saat mengalami stress, sebagian orang ada yang meluapkan rasa jenuh dari stress pada makanan tanpa peduli akan risiko kenaikan berat badan. Hormon kortisol yang menyebabkan nafsu makan akan memuncak ketika anda sedang stress. Selain menjadi faktor pemicu terjadinya kegemukan, stress jga akan menyebabkan timbulnya beberapa penyakit dalam tubuh yang membuat kesehatan terganggu. Oleh sebab itu, orang yang mengalami stress sebaiknya melakukan aktivitas olahraga yang menyehatkan agar lebih rileks dan pikiran pun menjadi tenang.

4. Hobi Mengonsumsi Makanan atau Minuman Manis

Bagi anda yang hobi mengonsumsi makanan dan minuman yang manis maka harus waspada dengan akibat yang akan terjadi. Gula yang terkandung dalam makanan dan minuman yang manis jika berlebihan di dalam tubuh akan diolah menjadi karbohidrat. Karbohidrat yang berlebih ini kemudian akan dipecah menjadi lemak yang disimpan sebagai cadangan jika tubuh kita kekurangan energi. Jika ada mengonsumsi makanan dan minuman yang manis secara berlebihan maka akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

5. Kurang Berolahraga

Kurang berolahraga dapat menjadi salah satu penyebab tubuh mudah untuk gemuk. Kurangnya aktivitas olahraga membuat kaloi tidak dibuang dalam tubuh melainkan disimpan sebagai cadangan energi dalam bentuk lemak. Lemak berlebih ini akan membuat perut buncit dan badan menjadi gemuk.

6. Hobi Ngemil

Ngemil dapat menjadi salah satu faktor utama terjadiya kegemukan. Ngemil merupakan kebiasaan yang tidak sehat, karena camilan yang tersedia di toko-toko banyak yang tidak mengandung gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Camilan hanya mengandung lemak jenuh dan juga kalori tingkat tinggi yang menyebabkan peningkatan kolesterol yang membuat tubuh menjadi mudah untuk gemuk.

Penyebab tubuh mudah untuk gemuk sebenarnya muncul karena kehendak diri kita sendiri. Pola hidup tidak sehat yang telah disebutkan diatas menjadi faktor pemicu terjadinya kegemukan. Agar dapat mengatasi masalah ini, perlu adanya kesadaran untuk menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat dan berolahraga secara teratur. Jika anda telah menyadari pentingnya kesehatan tubuh, maka anda akan terhindar dari berbagai hal yang menyebabka kegemukan dan mencegah timbulnya berbagai penyakit. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Baca juga : Pola Diet yang Berbahaya untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *