Alasan Kurang Tidur Pengaruhi Berat Badan

By | June 11, 2015

Jika anda ingin menurunkan berat badan dengan melakukan diet sudah anda jalani namun belum juga berhasil, sebaiknya anda memeriksa pola tidur anda atau dengan mengonsumsi obat pelangsing alami. Berdasarkan penelitian, kebiasaan tidur yang buruk akan dapat berpengaruh terhadap naik atau turunnya berat badan pada seseorang. Meskipun banyak orang menganggap bahwa kurang tidur bisa sebabkan badan kurus, namun kenyataan berkata sebaliknya. Orang yang banyak begadang justru memiliki kemungkinan akan memiliki tubuh yang gemuk.
Ada beberapa alasan kurang tidur yang dapat mempengaruhi berat badan diantaranya :

Alasan Kurang Tidur Pengaruhi Berat Badan

Alasan Kurang Tidur Pengaruhi Berat Badan

1. Kurang Tidur Penyebab Berat Badan Naik
Apabila seseorang mendapatkan waktu tidur yang kurang, maka akan berpengaruh pasa meningkatnya kadar hormon kortisol dalam darah. Hormon inilah yang akan menyebabkan orang yang sering begadang akan mengalami kenaikan berat badan.

2. Kurang Tidur Sebabkan Ketergantungan
Kurang tidur akan menyebabkan kita ketergantungan pada kafein atau minuman energi yang dapat mengusir rasa kantuk. Inilah yang merupakan hal buruk, sebab minuman tersebut memiliki kandungan kalori dan gula yang amat tinggi sehingga menyebabkan berat badan akan terus bertambah. Orang yang kurang tidur akan dapat merasakan lemas karena kekurangan energi sehingga ingin terus makan.

3. Tidur Menjadi Pengendali Makan
Berdasarkan hasil dari penelitian, orang yang memiliki sistem metabolisme yang lambat dan berat badan berlebih akan mengalami masalah dengan kualitas tidur. Jika seseorang kurang tidur maka hormon ghrelin dalam berperan sebagai pemberi tahu kapan saatnya makan dan hormon leptin yang memiliki tugas sebagai pengontrol nafsu makan akan mengalami kekacauan. Oleh karena itu, perbaikilah siklus tidur anda agar hormon-hormon tersebut dapat berfungsi secara optimal sehingga anda akan memiliki tubuh yang langsing.

4. Kurang Tidur Sebabkan Malas
Jika anda memiliki waktu tidur yang kurang, maka rasa lelah dan malas seringkali menghinggapi. Apabila keadaan seperti ini, biasanya orang akan mencari camilan dan makanan cepat saji sebagai pemicu semangat. Padahal, camilan yang tidak sehat dan makanan yang cepat saji merupakan penyebab dari kenaikan berat badan.

5. Kurang Tidur Membuat Metabolisme Lambat
Metabolisme tubuh sangat berkaitan erat dengan berat badan seseorang. Dengan metabolisme yang lambat, maka proses pembakaran lemak yang ada di dalam tubuh juga akan melambat pula. Keadaan ini mengakibatkan adanya kenaikan berat badan yang tak bisa untuk dihindari. Metabolisme yang baik dipengaruhi oleh pola tidur yang baik pula. Oleh karena itu biasakan untuk tidur yang cukup agar metabolisme dapat berjalan dengan lancar.

6. Membuat Ngemil di Malam Hari
Kurang tidur dapat menyebabkan penurunan aktivitas fisik serta dapat meningkatkan perilaku ngemil yang berlebihan. Pada penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology pada tahun 2013 lalu menyebutkan bahwa kurang tidur akan dapat mengacaukan jam biologis tubuh dan mengakibatkan gangguan metabolisme. Sehingga akan dapat menimbulkan kecederungan untuk lebih menumpuknya lemak di dalam tubuh.

7. Pada studi Mayo Clinic di tahun 2012 lalu membandingkan kebiasaan makan orang yang memiliki tidur berkualitas dengan orang yang kurang tidur selama delapan hari. Hasil dari studi tersebut adalah bahwa orang yang kurang idur rata-rata makan 549 kalori setiap hari. Jika kebiasaan ini bertahan, maka akan dapat meningkatkan berat badan sebanyak 0,45 kilogram setiap minggunya.

Itulah alasan kurang tidur akan berpengruh terhadap kenaikan berat badan. Tingkatkan kualitas tidur anda sebaik mungkin. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas anda akan terhindar dari kenaikan berat badan yang tidak terkendali. Anda juga dapat menurunkan berat badan dengan berolahraga yang teratur dan mengonsumsi obat pelangsing yang alami agar dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel menarik kami yang lainnya di Menurunkan Berat Badan dengan Diet Rendah Garam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *