Cara Menjaga Tubuh Tetap Ideal Saat Hamil

By | June 24, 2016

cara menjaga tubuh tetap ideal saat hamilCara Menjaga Tubuh Tetap Ideal Saat Hamil – adalah suatu keharusan yang harus diketahui dan sangatlah dibutuhkan oleh ibu yang sedang hamil. Karena pada masa kehamilan tersebut akan banyak terjadi perubahan hormon dalam tubuh yang mana akan mengakibatkan perubahan perilaku seseorang, pada saat masa kehamilan nafsu makan mereka akan meningkat. Perubahan nafsu makan ini memang kerap kali pasti terjadi pada wanita hamil. Biasanya pada trimester pertama kehamilan ibu akan mengalamai gejala morning sickness yang menyebabkan para ibu hamil pada trimester ini kehilangan nafsu makannya, tetapi pada trimester kedua dan selanjutnya ibu hamil nafsu makan tersebut akan kembali lagi bahkan bertambah besar. Sangat benar sekali saat masa kehamilan makanan adalah salah satu aspek penting yang akan berpengaruh pada kesehatan ibu dan bayi, tetapi itu bukan berarti bahwa seorang wanita hamil harus mengkonsumsi makanan secara berlebihan untuk mendapatkan nutrisi pada masa kehamilan tersebut. Apalagi sampai mengakibatkan pertambahan berat badan yang berlebihan. Padahal kelebihan berat badan sebelum hamil atau saat hamil itu dapat berakibat buruk pada kesehatan ibu dan bayi .

Menurut Centers of Disease Control and Prevention’s Pregnancy Risk Assessment Monitoring System, lebih dari 30 persen wanita yang memiliki berat badan normal sebelum hamil tetap berisiko memiliki bobot berlebihan saat hamil. Kondisi ini bisa berakibat pada peningkatan tekanan darah dan diabetes gestasional. Ada juga kemungkinan lebih tinggi untuk mengalami keguguran, bayi lahir dalam kondisi meninggal, atau kondisi di mana bayi harus dilahirkan melalui operasi caesar. “Sulit mendeteksi bayi jika ibunya dalam kondisi obesitas atau berat badannya berlebihan,” ungkap dr Alyssa Dweck, seorang dokter kandungan dan ginekolog, seperti dikutip dari Fox News, Selasa (21/5/2013).

Sangat jelas sekali berat badan berlebih atau obesitas pada masa kehamilan dapat memberikan berbagai macam dampak buruk baik pada masa kehamilan, prosese persalinan, atau pasca melahirkan. Obesitas pada masa kehamilan dapat meningkatkan resiko hypertensi  dan terkena penyakit diabetes. Bahkan resiko lainnya yang bagi janin adalah menyempitnya plasenta akibat penumpuka lemak yang mengakibatkan suplay oksigen pada bayi akan terhambat. Kekurangan oksigen tersebut akan mengakibatkan rusaknya sel-sel otak pada bayi yang akhirnya bayi akan mengalami gangguan pada kecerdasan. Selain itu, lemak yang banyak bagi tubuh akan menjadi sarang kuman yang apabila terjadi proses persalinan akan mengakiabtkan meningkatnya resiko infeksi.

Oleh karena itu untuk mencegah dampak hal-hal yang tidak diinginkan pada saat masa kehamilan, sangat diperlukan cara menjaga tubuh tetap ideal saat hamil agar masalah obesitas akan kita pecahkan, berikan beberapa cara yang dapat kita lakukan :

Cara menjaga tubuh tetap ideal saat hamil

1. Pola makan yang sehatcara menjaga tubuh tetap ideal saat hamil

Menjaga tubuh tetap ideal saat hamil bukan berarti kita harus melakoni diet, bukan juga memasukan makanan seenaknya, Pola makan yang sehat bagi ibu hamil tentu berbeda dengan orang biasanya, pada saat massa kehamilan kita perlu nutrisi ekstra untuk bayi yang dikandung kita, makanlah secara teratur 3 kali sehari yaitu pagi siang dan sore, yang perlu kita ingatkan pada konsumsi makanan yang terpenting adalah kualitas nutrisi bukan kuantitas atau jumlah nya, disini banyak ibu hamil yang mengalami obesitas karena hanya memikirkan kuantitas makanan tersebut padahal kualitas nutrisi nya sangat kurang.

Hindarilah makanan yang mengandung sodium, gula dan lemak yang sangat tinggi, apalagi mengkonsumsi makanan kaleng dan makanan siap saji, mie bakso, dan sirup yang banyak mengandung fruktosa. Konsumsilah makanan yang mengandung asam folat. Asam folat memang sangat dibutuhkan pada masa kehamilan apabila pada masa kehamilan kita kekurang asam folat akan mengakibatkan terjadinya spina bifida yaitu sebuah kondisi dimana terganggunya penutupan modula spinalis. Contoh makanan yang kaya akan asam folat ialah jenis kacang-kacangan, jeruk, sereal, bayam, asparagus dan lain-lain.

2. Olahraga teratur

cara menjaga tubuh tetap ideal saat hamil

Olahraga adalah salah satu cara tepat untuk mencegah obesitas pada ibu hamil. Namun olahraga ynag dimaksud bukanlah olahraga yang ekstreme, anda bisa melakukakan berjalan jalan santai selama 25 menit sekitar 3 sampai 4 kali seminggu olahraga rinagan ini bisa anda lakukan secara bertahap dengan pertambahan durasi hingga 40 menit, lakukan olahraga tersebut di pagi hari saja supaya dapat menghirup udara segar. Kemudian selain berjalan kaki santai, maka Anda dapat berolahraga ringan seperti berenang, atau senam hamil dan yoga. Olahraga-olahraga tersebut menekankan pada teknik pernapasan, sangat baik untuk ibu hamil untuk mempersiapkan proses kelahiran. Dengan berolahraga rutin sedari awal kehamilan, selain menjaga berat badan anda tetap ideal sewaktu hamil, dengan melakukan olahraga ringan akan menjaga stamina ibu hamil agar tetap sehat dan stamina pada saat proses kelahiran.

3. Mendiskusikan berat badan dengan dokter

cara menjaga tubuh tetap ideal saat hamil

Selalu usahakan untuk selalu mendiskusikan mengenai berat badan Anda setiap melakukan konsultasi kepada dokter kandungan langganan anda. Hal ini penting untuk dilakukan karena bisa menentukan proses persalinan yang akan dilakukan nantinya. Karena bagaimanapun juga berat badan yang kurang dan atau berlebih saat hamil tak baik untuk Ibu hamil dan janin.

Demikian artikel tentang cara menjaga tubuh tetap ideal saat hamil ini, semoga informasi diatas dapat membantu. Silahkan simak artikel lainnya disini mengenai kesehatan kita, mulailah dengan kebiasan hidup sehat dan jaga kesehatan, terimakasih sampai bertemu dengan artikel saya yang selanjutnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *